Rabu, 25 April 2012

Medium Tiga Dimensi


Medium Tiga Dimensi
Realia, Model, dan Diorama
Realia adalah salah satu jenis medium yang digunakan sebagai alat penyampai informasi yang berupa benda / objek yang sebenarnya/asli, (objek nyata). Digunakan sebagai alat bantu belajar yang bisa memberikan pengalaman langsung.  Contoh : koin, species tumbuhan, mesin.
Bentuk Realia adalah benda asli atau orisinil , tidak mengalami perubahan sama sekali, tetapi kesulitan kadang timbul dalam menghadirkan realia secara utuh kedalam ruangan.
-          Kelebihan realia, sebagai medium informasi yang paling mudah di akses dan dapat menarik perhatian, dengan berinteraksi secara langsung dan diterangkan secara verbal dapat menjadi jelas dan mudah dimengerti, memiliki kemampuan untuk merangsang imajinasi, dan realia dapat memberikan pengalaman belajar langsung.
-          Keterbatasan realia, terkadang kesulitan untuk menampilkan realia ke dalam ruangan karena ukuran terlalu besar (lokomotif), terlalu kecil (kuman), tidak memungkinkan ditampilkan (bulan), realia berbahaya (ular). Karena realia dituntut untuk menginterpretasikan hubungan benda yang sesungguhnya makan salah satu kelemahan nya yaitu tidak dapat memberikan hasil yang sama dari setiap pengguna dan memungkinkan informasi yang disampaikan malah tidak sampai kpd pengguna.
Model dapat diartikan sebagai benda-benda pengganti yang fungsinya ditujukan untuk menggantikan benda sebenarnya. Contoh model : Globe  / bola dunia.  Karena tidak mungkin untu menampilkan bumi secara nyata.
Bentuk model dibuat sedemikian rupa sehingga tampil seperti benda aslinya. Bagian-bagian benda tersebut bisa dihilangkan, hanya menampilkan bagian yang perlu saja. Ukuran model bisa sama, bisa lebih kecil atau lebih besar daripada benda aslinya.
Jenis-jenis model, dapat dibagi menjadi 7 jenis yaitu : Exact-Model, Simplified-Model, Static-Model, Working-Model, Cutaway-Model, Transparant-Model, dan Cross-sectional Model.
-          Kelebihan model, dapat di pisah-pisah bagian-bagiannya untuk memungkinkan pandangan kedalam, pada detail-detail penting dapat diberi warna, hal ini tidak mungkin dilakukan pd realia.
-          Kelemahan realia, biaya yang diperlukan untuk membuat model tidaklah sedikit, selain itu harus memoerhitungkan kemungkinan rusaknya alat yang digunakan.
Seleksi, pilihlah model yang ukurannya memungkinkan model tsb untuk disimpan atau dipajang secara efisien dan efektif, jangan memilih model yang meminta penyimpanan ruangan yang berlebihan. Bandingkan nilai model itu sendiri dengan kebutuhan ruangan penyimpanan dalam suatu perpustakaan.
Diorama adalah sebuah pameran statis atau diam yang di design untuk menyampaikan informasi tentang kejadian nyata yang terjadi di masa lalu, sekarang, atau masa yang akan datang dalam bentuk tiga dimensi. Diletakan pada bagian depan untuk menggambarkan suatu pemandangan dalam kehidupan nyata.
Bentuk diorama, bagian depan berbentuk tiga dimensi berisikan pemandangan dengan berbagai model dan realia, bagian belanag diorama dibuat rata utk membuat efek terlihat seperti nyata.
-          Kelebihan diorama, design yang menarik dapat memberikan keindahan dan menarik perhatian, serta memotivasi pengguna untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih.
-          Kelemahan diorama, tidak dapat menampilkan unsur gerak dalam tampilannya.
Seleksi, pustakawan harus jeli melihat kemungkinan untuk membuat diorama dengan model dan realia yang ada di perpustakaan diletakkan dalam kotak kaca dan pasang foto yang sesuai untuk background diorama. Ukuran objek di dalamnya harus bisa dilihat orang dalam suatu jarak pandang tertentu dan pilihlah dengan detail yang tidak rumit.
Kit Multimedia, Games, dan Simulasi
Kit Multimedia adalah medium yang banyak digunakan dalam proses belajar mengajar khususnya untuk mengajar pengetahuan dan keterampilan yang bersifat khusus dan keahlian.
Bentuk kit multimedia, ada kecenderungan yang mengartikan kit adalah paket yang berisikan berbagai jenis media, misal : medium cetak, filmstrip, realia yang berhubungan dgn topik tertentu.
-          Kelebihan kit multimedia , dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, hal ini desebabkan medium ini adalah medium yang bersifat multisensory medium yang dapat diraba, dilihat, didengar dan dapat diamati melalui panca indera.
-          Kelemahan kit  multimedia, komponennya saling terkait pada salah satu topik tertentu, jika satu komponen hilang atau rusak akan membuat keseluruhan koleksi tsb tidak berguna, selain itu kit multimedia merupakan medium yang mahal.
Games dan Simulasi adalah media informasi yang berbentuk suatu aktifitas, disusun berdasarkan aturan-aturan khusus dan memiliki parameter tertentu.
Games merujuk pada aktifitas dimana partisipan perlu mengikuti aturan yang telah ditetapkan sebelumnya, partisipan akan berusaha keras untuk mencapai tujuab dab biasanya menimbulkan suatu persaingan. Siatuasi games adalah situasi kalah dan menang yang disebutkan pada akhir games.
Simulasi diartikan sebagai suatu bentuk sederhana dari potongan peristiwa dalam kehidupan nyata. Partisipan yang terlibat akan berinteraksi dengan partisipan lain atau penggunaan peralatan. Contoh : latihan menerbangkan pesawat dengan menggunakan simulator.
-          Kelebihan games dan simulasi, meminta pengguna untu aktif melibatkan diri dalam proses beajar, interaksi yang terjadi akan membangun semangat kerja sama, serta lebih aman, nyaman, praktis, efisien dibandingkan benda nyata nya.\
-          Kelemahan games dan simulasi, koleksi alat bantu games dan simulasi yang sesuai dengan tujuan sangat sulit didapatkan di pasaran, rasa persaingan yang timbul pada game bisa melemajkan semangat sebagian pengguna yang sering kalah.
Seleksi, pustakawan harus mengetahui secara persis tujuan utama media ini, jangan melupakan aspek hiburan dalam memilih media games dan simulasi, sangat dianjurkan utk mencoba games dan simulasi ini terlebih dahulu utk melihat alur aktivitas apa yang diajarkan kpd pengguna, perhatikan juga faktor waktu dan lokasi yang harus disediakan untuk menggunakan sebuah games dan simulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar