Rabu, 25 April 2012

Pemanfaatan Media Dalam Perpustakaan


PEMANFAATAN MEDIA DALAM PERPUSTAKAAN
Definisi dan Klasifikasi Media
Medium berarti sesuatu yang dapat menjadi perantara dalam proses komunikasi. Medium dapat juga berarti sesuatu yang dapat membantu penyimpanan pesan dan informasi daro komunikator kepada komunikan.
SENDER Sumber pengirim pesan dan informasi
ENCODING pesan
Saluran Transmisi (Media)
RECEIVER Informasi/ pesan
DECODING pesan
 




Proses komunikasi Shannon dan Weaver 1949
Proses komunikasi ini dimulai dari pengirim pesan (sender) mengkomunikasikan pesan kepada penerima pesan (receiver), proses merancang pesan menjadi sistematik (encoding), dan proses untuk memahami isi pesan dan informasi oleh penerima pesan (decoding).
Karakteristik media :
-          Kemampuan dalam meyajikan gambar
-          Faktor ukuran
-          Faktor warna
-          Faktor gerak
-          Faktor bahasa
-          Faktor krterkaitan antara gambar dan suara
Klasifikasi media menurut Robert Hienich 1986 :
-          Gambar yang tidak di proyeksikan
-          Gambar yang di proyeksikan
-          Media suara
-          Sistem multimedia
-          Film
-          Televisi
-          Komputer
Klasifikasi media berdasarkan kemampuannya :
-          Konsep Abstrak , à Kaset audio
-          Konsep Konkret, à Film dan Video
Kontribusi media dalam proses komunikasi informasi adalah sebagai berikut :
-          Informasi yang di komunikasikan menjadi lebih standar
-          Penyajian informasi dapat menjadi lebih menarik
-          Kualitas penerimaan informasi menjadi lebih efektif
-          Memungkinkan terjadinya proses belajar secara individual.

Tujuan Pemanfaatan Media
Pemanfaatan media di perpustakaan harus diarahkan utk mencapai misi pelayanan yang meliputi pelayamam program pendidikan, informasi, kebudayaan, hobi, dan rekreasi. Pemanfaatan media memiliki beberapa tujuan yaitu :
-          Untuk memotivasi perilaku tertentu (to motivate)
-          Untuk menyampaikan informasi (to inform), dan
-          Untuk pembelajaran (to instruct)
Media memungkinkan pemakainya dapat mengatasi hambatan ruang dan waktu dalam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Media tertentu dapat memberikan pengalaman belajar langsung kepada pemakainya, mengungkapkan peristiwa yang berlangsung ditempat yang jauh, dan dapat mengungkapkan peristiwa yang telah terjadi di masa lalu.
Perpustakaan dapat memperoleh koleksi media melalui dua cara, yaitu :
-          Membeli dari produsen khusus memproduksi media tertentu
-          Memproduksi sendiri media sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Jika membeli dari produsen media tertentu, maka perpustakaan perlu mempertimbangkan faktor, yaitu :
o   Isi (content)
Harus dapat membantu tercapainya misi perpustakaan dan harus selalu up to date
o   Tujuan (purpose)
Tujuan yang akan dicapai melalui pemanfaatan media yang dipilih harus jelas.
o   Kesesuaian (appropriateness)
Kemampuan media dalam mengkomunikasikan pesan harus sesuai dengan pesan yang ingin di komunikasikan.
o   Biaya (cost)
Biaya yang diperlukan untuk membeli media juga perlu dipertimbangkan
o   Kualitas teknis (technical quality)
Kualitas teknis dari media yang dipilih meliputi unsur warna dan suara
o   Faktor pemakaian (circumstances of use)
Faktor pemakaian yang perlu diperhatikan yaitu fasilitas penunjang
o   Uji coba (verifikasi)
Media yang akan di manfaatkan harus di uji coba terhadap sampel yang setara dengan calon pemakainya
o   Validasi (validation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar