Rabu, 25 April 2012

Pelestarian, Macam Sifat Bahan Pustaka, dan Latar Belakang Sejarahnya


Pelestarian, Macam Sifat Bahan Pustaka, dan Latar Belakang Sejarahnya
Pengantar, Tujuan, dan Fungsi Pelestarian
Bahan pustaka adalah unsur penting dalam sebuah sistem perpustakaan, sehingga harus dilestarikan  mengingat nilainya yang mahal. Bahan pustaka disini berupa terbitan buku, berkala (surat kabar dan majalah). Dan bahan audio visual seperti audio, kaset, video, slide dsb.
Pelestarian bahan pustaka tidak hanya menyangkut pelestarian dalam bidang fisik, tetapi juga pelestarian dalam bidang informasi yang terkandung didalamnya.
Maksud pelestarian adalah mengusahakan agar bahan pustaka yang kita kerjakan tidak cepat mengalami kerusakan. Bahan pustaka yang mahal diusahakan agar awt, bisa dipakai lebih lama dan bisa menjangkau lebih banyak pembaca perpustakaan.
Tujuan pelestarian bahan pustaka , antara lain :
-          Menyelamatkan nilai informasi dokumen
-          Menyelamatkan fisik dokumen
-          Mengatasi kendala kekurangan ruang
-          Mempercepat perolehan informasi
Pelestarian baha n pustaka memiliki beberapa fungsi untuk:
-          Melindungi,
-          Prngawetan,
-          Kesehatan
-          Pendidikan,
-          Kesabaran,
-          Sosial,
-          Ekonomi
-          Keindahan
Berbagai unsur penting yang perlu diperhatikan dalam pelestarian bahan pustaka adalah manajemen, tenaga yang merawat bahan pustaka, laboratorium, dana.
Sejarah Bahan Pustaka dan Cara Perawatannya
Bahan pustaka terdiri atas berbagai jenis dan bermacam sifat yang dimilikinya. Dari sejarahnya , manusia menggunakan berbagai medium untuk merekam hasil karya mereka. Bahan yang digunakan sesuai dengan pengetahuan manusia serta teknologi pada zamannya.
Bahan yang dikenal sebagai medium perekam hasil budaya manusia adalah :

-          Tanah liat
-          Papirus
-          Kulit kayu
-          Daun tal atau lontar
-          Kayu
-          Gading
-          Tulang
-          Batu
-          Logam (metal)
-          Kulit binatang
-          Pergamen (parchmental) dan (vellum)
-          Leather (kulit)
-          Kertas
-          Papan
-          Film
-          Pita magnetik
-          Disket
-          Video disc
Sejarah Bahan Pustaka (Lanjutan)
Koleksi terbesar perpustakaan dewasa ini terbuat dari kertas. Sedangkan dimasa mendatang mungkin isi sebuah perpustakaan berupa kumpulan disket/flashdisk/dvd karena teknologi komputer memungkinkan demikian.
Kertas bisa terbuat dari berbagai serat, yaitu serat binatang, serat bahan mineral, serat sintetis, serat keramik, serat tumbuh-tumbuhan. Kekuatan kertas tergantung dari kekuatan serat sebagai bahan dasarnya.
Bahan pustaka yang lain ialah bahan nonbuku / bahan audiovisual, media teknologi, alat peraga, dsb. Materi bahan non buku begitu bervariasi karena itu untuk merawat bahan nonbuku diperlukan berbagai keahlian dan keterampilan khusus, harus memahami hargwew, softwere. Harus kita fahami cara mengoperasikan peralatan, cara memperbaiki jika ada kerusakan, dan memeliharanya sehingga bahan-bahan tersebut awet dan lestari.

2 komentar:

  1. Akan kurang maksimal kerja pustakawan kalau minat baca dinegri ini masih sangat rendah. Tentunya dengan keberadaan blog Reni, semoga minat baca jadi meningkat. Salam kenal dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  2. amien, semoga saja :D
    terimakasih,,

    BalasHapus